Thursday, March 12, 2020

Cara mudah. Mengembangkan bisnis di Bali

Halo pebisnis Bali, pahlawan kekinian, tempat banyak orang menggantungkan hidup. Apa kabar?

Sebagai pelaku UKM dimana hampir semua pekerjaan Anda yang mengerjakan, dari menjadi kasir, mengelola karyawan sampai penjualan tentunya sangat banyak menyita waktu kita. Boro - boro mengembangkan bisnis, menyelesaikan pekerjaan di bisnis kita saja waktu 24 serasa kurang. Namun kalau boleh jujur hampir semua pelaku UKM ingin bisnisnya tambah besar dan besar. Ini adalah sebuah anomali, ingin bisnis besar tapi tidak ada waktu untuk bahkan sekedar memikirkannya.

Namun Anda tidak perlu khawatir, anda bisa melakukannya sedikit demi sedikit dan melakukan hal yang paling mendasar dulu agar bisnis anda bisa berkembang.

Menurut riset (penelitian) yang dilakukan oleh Jim Collins dalam buku nya yang berjudul "Good to Great" edisi terjemahan bahasa Indonesia, perusahaan perusahaan besar yang mendunia itu memiliki beberapa persamaan. Salah satu nya adalah mereka (perusahaan Hebat) memiliki SDM yang handal dalam perusahaan.

Adalah penting mengajak siapa-siapa saja yang akan kita ajak berlayar dalam kapal (bisnis) kita. Karena dengan team yang handal kita bisa dengan mudah melakukan manuver atau berbalik arah andai tujuan yang ingin kita capai sudah tidak relevan lagi. Risetnya menemukan bahwa tidak penting melakukan training dan pengembangan SDM apabila di awal perekrutan kita salah merekrut orang, karena tidak mungkin bagi perusahaan untuk mengubah karakter asli seseorang. Sebaliknya, bila perekrutan kita tepat, tanpa di training ini itu pun karyawan yang kita rekrut itu akan tetap berkontribusi besar ke perusahaan kita. Apabila ada karyawan anda yang sama seperti tulisan terakhir ini, PERTAHANKAN.

Baca juga : tips pengusaha Bali

Selain mempertahankan karyawan yang bagus atau hebat adalah sangat penting juga "menghilangkan" karyawan yang memiliki karakter buruk, sebab training atau apapun yang anda buat untuk merubahnya adalah hal yang tidak mungkin.

Kata salah seorang pemilik bank BPR besar "orang tuanya saja sudah tidak mampu mendidik nya, apalagi anda".

Saya rasa faktor dasar ini bisa dilakukan oleh semua pelaku UKM Bali karena tidak banyak menyita waktu, yaitu memilih karyawan yang Hebat di awal perekrutan. Memilih dengan siapa anda akan berlayar.

Semoga tulisan ini bermanfaat ya pengusaha Bali, silahkan di bagikan ke kolega anda bila dianggap bermanfaat.

Semoga bisa menjadi tuan rumah di negeri sendiri ya..

Salam hormat mendalam
-pyh-

Artikel Terkait

Cara mudah. Mengembangkan bisnis di Bali
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email